Mobnas atau motnas….cuma mimpi yg tidak akan terealisasi


Illustrasi

Brader sekalian….bicara soal mobnas atau motnas ,rasa nya miris juga negara sebesar INDONESIA tidak punya ke dua nya sekarang….hal itu bukan tidak ingin d wujudkan oleh pengusaha otomotif nasional….seperti yg AFB copy paste dari detik dot com

Jakarta – Deretan embrio mobil nasional (mobnas) sudah banyak dikembangkan oleh
para praktisi otomotif di dalam negeri.
Namun hasilnya banyak yang
berguguran tak berkembang alias gagal. Hal ini dialami oleh Soebronto Laras, tokoh
otomotif yang sudah lama malang melintang
di industri otomotif roda empat maupun roda dua.
Soebronto yang kini menjadi Presiden
Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional
Tbk (IMAS) menceritakan masa-masa semangatnya tokoh-tokoh lokal
membangun mobnas seperti Aburizal Bakrie,
BJ Habibie, hingga dirinya. “No way. Saya sudah pernah bawa tim
saya sampai ke Inggris semuanya,
jawabnya big zero, lisensi mahal, shift
mahal, LCGC susah, tanya Pak Ical
(Aburizal Bakrie),” kata Soebronto di
Wisma Indomobil, Jalan MT Haryono, Jakarta, Jumat (27/6/2014) Kelompok usaha Bakrie pernah
mengembangkan Beta 97 MPV. Mobil ini
adalah proyek yang dibuat pada tahun 1994
oleh Grup Bakrie melalui PT Bakrie &
Brothers Tbk (BNBR). Bakrie ketika itu
ingin menjadikan Beta 97 MPV sebagai mobil nasional. Untuk itu, Bakrie pun meminta
bantuan rumah desain Shado asal Inggris
untuk menciptakan desain awal mobil ini.

Selengkap nya baca disana

Begitulah mas bro….pengusaha otomotif bukan tidak mau ikhtiar & tidak berusaha untuk mewujudkan kan mobnas….mobil esemka sih rahasia umum sama sekali bukan mobnas…mobil made in china yg d rakit di solo :mrgreen: …lalu apa yg menyebabkan kegagalan tersebut ??? Selain ke engganan masyarakat indonesia sendiri yg “brand minded” termasuk AFB sendiri (ga munafik 😆 )….. Disinyalir birokrasi mas bro…dlm obrolan dgn salah satu teman yg bekerja di dunia otomotif….sebenar nya bisa sih bisa indonesia bikin mobnas/motnas,bahkan kualitas bisa d atas pabrikan jepang,juga harga d bawah nya…..tapi pihak atpm dari jepang mengancam akan cabut dari indonesia…jika mobnas/motnas terealisasi di indonesia,ya ialah sangat mengancam banget….bayangkan berapa puluh juta rakyat indonesia yg jadi pengangguran jika atpm jepang cabut dari sini ….ibarat kata atpm dari jepang itu sungai besar & usaha retail macam bengkel resmi,bengkel umum dll adalah anak sungai yg bercabang dari sungai besar….jika sungai besar tidak d aliri air,apakah sungai kecil akan d aliri air ??? Tentu tidak,hal itu berlaku d industri otomotif yg bermuara dari jepang….indonesia patut iri dgn india/malaysia yg sudah punya mobnas/motnas atas nama sendiri macam bajaj,ya meskipun awal mula nya belajar dari jepang…..indonesia cukup jadi pekerja pada perusahaan asing saja :mrgreen: bikin design,riset di indonesia,bahan juga lokal….tapi tetap saja pake merk dari jepang :mrgreen: tercatat hanya timor yg jadi mobnas,itupun tidak pure 100% made in indonesia…karena transferan dari kia by wikipedia 😀

Mobnas/motnas….ada di indonesia,cuma ngimpi yg tidak akan terealisasi 😀

Iklan

21 thoughts on “Mobnas atau motnas….cuma mimpi yg tidak akan terealisasi

      • Ini serius loh kalo ada Mobnas, Jepang bakalan mencabut seluruh investasinya di Indonesia, kelihatannya sepele, jangankan semua investasi, cuma 1 pabrik otomotif misalnya H*** cabut dari Indonesia, berapa perusahaan supplier H*** yang bakal ikutan bangkrut ? minimal ada 40 mah, itu baru 1, gimana kalo produsen yang lain ikutan ? Pemerintah pasti tidak berani menanggung resikonya..
        #pengalaman dari Mobnas Tex**** yang diancam sama Mi******** 😥

        Suka

  1. esemka sih bukan mobil cina rakitan solo bro….cuma sebagian aja yg impor,setidaknya ada yg buatan lokal terutama bagian2 luarnya

    Suka

  2. Mobnas? hehehehe sebagai yg dulu kerja di majalah bidang otomotif jaman mobnas lagi anget2nya nyengir aja deh kalau masih ada yg mimpi….

    Suka

  3. ada brooo…mobil Asemka…terakhir pas heboh2nya…media bilang banyak yg pesan…si A pesan sekian…si B pesan sekian…tapi sampe skrng ga da kabarnya…ternyata cuma bohongan…mobil buatan china plek…cuma buat pencitraan…bagaimana mungkin anak SMK bisa buat molding body mobil…cor blok mesin dll…itu hanya bisa dibuat oleh sekelas pabrik…

    Suka

silahkan berkomentar bro/sis ≧^◡^≦

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s